Teknologi Pendidikan atau Teknologi Pembelajaran Terbaru 2020

Pendidikan semakin berkembang, tujuan dari perkembangan pendidikan adalah untuk membuat sistem pembelajaran lebih inovatif. Langkah yang tepat untuk menciptakan pendidikan inovatif yaitu mengembangkan teknologi pendidikan. Dipercaya bahwa pembelajaran berbasis teknologi mampu membuat pendidikan lebih maju. Hasilnya pun sudah terbukti, pembelajaran berbasis teknologi mampu meningkatkan semangat belajar siswa.

Melihat teknologi pendidikan memiliki peranan penting bagi kemajuan dunia pendidikan maka, pendidik seharusnya berusaha untuk mencipkan aneka media pembelajaran yang memakai teknologi masa kini. Tujuannya untuk menstimulus tingkat semangat siswa supaya lebih giat dalam mengikuti pembelajaran.

Mengenal Teknologi Pendidikan Masa Kini

Kecanggihan teknologi dapat dimanfaatkan untuk menciptakan media pembelajaran yang lebih bervariasi. Selain itu, media berbasis teknologi diharapkan mampu merangsang semangat siswa, supaya dalam pembelajaran mereka tidak bosan dan selalu merasa ingin tahu tentang apa yang akan dipelajari. Untuk menciptakan media pembelajaran yang seperti itu, Kita dapat melihat referensi teknologi pendidikan masa kini yang canggih.

Sekarang sudah banyak teknologi pendidikan yang bisa dijadikan referensi oleh pendidik untuk menciptakan media pembelajaran kreatif. Berikut merupakan beberapa teknologi pendidikan yang bisa Anda jadikan referensi.

Gamification

Setiap siswa suka bermain game, sehingga mereka malas belajar. Teknologi pendidikan gamitification mampu mengalihkan siswa agar lebih senang belajar. Pasalnya gamification merupakan media pembelajaran yang dikemas dalam bentuk game. Jadi siswa selalu semangat ketika belajar, karena menggunakan gamification membuat siswa dapat bermain sambil belajar materi.

Artificial Intelligent (AI)

Teknologi pendidikan AI tidak lepas dari program analisis big data. Dengan menggunakan AI, pendidik mampu menganalisis kemampuan siswa kemudian membuatkan program khusus yang menyesuaikan dengan daya tangkap siswa. AI memberikan failitas yang dapat diakses secara otomatis oleh siswa, sehingga mereka bisa belajar mandiri dan melakukan evaluasi belajar jika ada kekurangan.

Sekarang dilakukan serba online, termasuk pengembangan media pembelajara. Kehadiran perangkat media pembelajaran online memberikan dampak positif bagi hasil belajar. Nilai siswa semakin bagus, karena mereka dapat memahami materi dengan baik menggunakan media online digital. Disisi lain, media pembelajaran online juga bisa membuat waktu belajar lebih efektif, karena melalui pembelajaran online siswa dapat secara mandiri. Siswa dapat mengulang materi pembelajaran sendiri di rumah.

Bentuk media pembelajaran online digital dapat bermacam-macam. diantaranya yaitu audio, video, ebook, da masih banyak lainnya. Materi yang dikemas dalam media online digital diharapkan bisa menjadi solusi belajar siswa agar lebih menyenangkan dibandingkan hanya menggunakan buku paket.

Komputer Tablet

Teknologi pendidikan berikutnya adalah komputer tablet. Jika Kita melihat beberapa tahun lalu, pembelajaran hanya terpaku pada buku pegangan siswa dan lembar kerja siswa. Variasi media pembelajaran mulai berkembang, sekolahan mulai memakai tablet untuk mendukung proses pembelajaran. Penggunaan komputer tablet dinilai lebih efektif dalam mendukung proses belajar mengajar di kelas. Buktinya banyak siswa yang mendapatkan nilai tinggi setelah memakai media pembelajaran komputer tablet.

Banyak orangtua yang khawatir apabila pembelajaran memanfaatkan tablet, karena takutnya siswa menyalahgunakan tablet tersebut untuk bermain. Jangan takut, sekolahan telah merancang bagian dalam tablet agar fungsinya hanya untuk belajar. Tidak ada program tambahan lain seperti permainan.

STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematic)

STEAM merupakan salah satu teknolog pendidikan kurikulum terbaru yang sudah dipersiapkan. STEAM memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan materi bahan ajar seperti matematika, prakarya serta lainnya. Jadi materi sudah dikemas dalam bentuk digital sehingga siswa tidak perlu membawa buku.

Kelebihan yang dimiliki oleh STEAM yaitu memakai pendekatan pemecahan masalah. Pendekatan tersebut membuat siswa harus berpikir secara kreatif supaya dapat menghasilkan jawaban atas permasalahan materi pembelajaran yang dialaminya. Siswa dituntut untuk mengeksplor konsep-konsep materi yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan.

Learning Management System (LMS)

LMS adalah teknologi pendidikan yang canggih. Disebut canggih karena siswa dapat mengakses pembelajaran di LMS dalam bentuk virtual learning. Saat siswa membuka media virtual learning maka dihadapkan pada sebuah gambar yang berikan materi pembelajaran.

Terdapat materi kemudian dilengkapi dengan latihan soal. Latihan soal digunakan untuk mengukur tingkat pemahaman siswa setelah melakukan pembelajaran memakai LMS atau virtual learning.

Banyak sekali yang mendukung penggunaan LMS di sekolah-sekolah. Pasalnya LMS juga mempermudah orangtua dalam memantau hasil belajar siswa. Dalam media virtual learning dilengkapi dengan penilaian hasil belajar, nah secara otomatis penilaian akan dikirimkan ke orangtua siswa. Dengan begitu orangtua bisa memantau secara berkala mengenai perkembangan belajar anaknya.

Itulah teknologi pendidikan yang dirancang khusus untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia. Pendidik dan pemerintah berusaha menciptakan media pembelajaran berbasis teknologi seperti yang telah disebutkan di atas. Diharapkan inovasi media pembelajaran berbasis teknologi mampu membuat pendidikan Indonesia agar semakin maju.