Teknologi Informasi Menurut Para Ahli

Perkembangan teknologi menjadi sangat pesat seiring dengan berkembangnya jaman, apalagi setelah kini menjadi jaman digital. Sampai saat ini perkembangan teknologi informasi merupakan salah satu yang memiliki perkembangan paling pesat. Adanya teknologi tersebut tersebut diharapkan mampu menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada.

Teknologi informasi juga memiliki tujuan yaitu mampu menumbuhkan kreativitas, serta meningkatkan efisiensi dan juga efektivitas saat melakukan pekerjaan. Perkembangan teknologi tersebut sangat berperan penting dalam kehidupan manusia karena mampu memudahkan dalam melakukan berbagai aktivitas termasuk ketika sedang bekerja.

Teknologi informasi menurut para ahli adalah

Ada beberapa pengertian menurut para ahli mengenai teknologi tersebut dan diharapakan dengan adanya pengertian tersebut mampu memberikan pengetahuan dan bisa lebih memahami hal tersebut.

Lucas

Menurut (Lucas,2000), teknologi informasi merupakan segala sesuatu yang berbenntuk teknologi yang mampu diterapkan untuk mengirimkan serta memproses informasi dalam bentuk yang elektronik.

Williams dan Sawyer

Menurut (Williams dan Sawyer, 2003), teknologi informasi (TI) merupakan teknologi yang menggabungkan antara komputer dengan jalur komunikasi dengan kecepatan atau speed yang sangat tinggi yang mampu membawa suara, video serta data.

Haag dan Keen

Menurut (Haag dan Keen, 1996), teknologi informasi merupakan seperangkat alat yang mampu membantu sebuah pekerjaan dengan informasi dan melakukan tugasnya yang berhubungan dengan alur pemrosesan informasi.

Martin

Menurut (Martin, 1999), teknologi informasi merupakan sebuah teknologi yang bukan hanya sebatas hardware dan software yang berguna untuk menyimpan dan memproses suatu informasi namun mencakup semua teknologi yang mampu mengirimkan informasi.

Mc. Keown

Menurut (Mc. Keown, 2001), teknologi informasi merupakan semua bentuk yang dapat digunakan dalam menciptakan, mengubah, menyimpan dan menggunakan informasi dalam semua bantuk.

Informastion Technologi Association of America (ITTA)

Menurtut ITTA, Technologi of information (TI) merupakan suatu pembelajaran, implementasi, pengembangan, perancangan, serta manajemen suatu sistem yang berbentuk informasi basis komputer terutama pada hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak).

Wikipedia

Menurut Wikipedia, teknologi informasi merupakan istilah yang umum untuk semua jenis teknologi yang dapat memabantu manusia untuk mengubah, menyimpan, membuat, serta berkomunikasi dan menyebarkan informasi.

Setelah mengetahui hal di atas dari berbagai ahli, selanjutnya akan dibahas mengenai manfaat, komponen yang membangun, serta fungsi dari teknologi tersebut.

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari teknologi informasi terutama dalam kehidupan sehari-hari dan dalam berbagai bidang. Dalam bidang pendidikan sangat bermanfaat agar siswa mampu memahami dunia komputer. Saat ini mengusai komputer merupakan hal yang wajib bagi siswa karena mampu membuat belajar menjadi lebih efektif lagi. Komputer jugabisa dijadikan sebagai media belajar yang sangat menyenangkan dan mampu menumbuhkan kreativitas siswa.

Dalam bidang militer dapat digunakan untuk navigasi untuk kapal selam dan bisa mengendalikan berbagai pesawat luar angkasa dengan kemudi yang otomatis ataupun manual. Pada bidang bisnis dan perbankan mampu menyimpan berbagai jenis berkas dalam bentuk data, video serta suara.

Bahkan dalam bidang entertainment atau hiburan pun sangat memiliki peran yang besar yaitu mampu membuat berbagi animasi serta desain graphis dan mampu membuat audio visual yang lebih menarik.

Fungsi dari teknologi informasi yaitu

  1. Capture (menangkap) artinya melakukan capture pada data informasi yang dibutuhkan.
  2. Storage (menyimpan) artinya menyimpan informasi dalam berbagai bentuk media misalnya hardisk, disket dan masih banyak lagi.
  3. Processing (memproses) artinya memproses data yang telah diterima serta menjadikannya sebuah informasi yang informatif. Pemrosesan data yang dilakukan yaitu mnegubah data dari bentuk satu ke bentuk lainnya sehingga mampu menjadi sebuah informasi yang berguna bagi masyarakat.
  4. Transmission (transmisi) artinya mengirim sebuah data berupa informasi dari satu lokasi menuju ke lokasi yang lainnya dengan menggunakan jaringan yang ada pada komputer.
  5. Retrifal (mencari kembali) artinya melakukan penelusuran dalam memperoleh kembali atau dengan kata lain menyalin informasi yang sebelumnya sudah di simpan.
  6. Generating (mengghasilkan) artinya mengorganisasi berbagai data serta informasi yang ada ke dalam sebuah bentuk yang lebih memiliki manfaat.

Komponen yang terdapat dalam teknologi informasi itu terdiri dari beberapa hal yaitu ada haradware (perangkat keras), softaware (perangkat lunak), serta brainware (pengguna). Selain hal tersebut ada beberapa hal lainnya yang juga termasuk dalam komponen tersebut yaitu ada pengetahuan, informasi serta data. Semua komponen tersebut dangat dibutuhkan agar proses berjalan dengan lancar.

Banyak manfaat yang bisa diambil dengan adanya teknologi tersebut serta adanya hal tersebut mampu membuat kita menjadi lebih mudah dalam melakukan berbagai hal. Namun, dibalik itu semua perlu kita sadari bahwa kita harus menggunakan teknologi dengan bijak. Jangan sampai dengan adanya kemudahn tersbeut kita menjadi telena dan menjadi manusia yang malas dan akhirnya sangat bergantung dengan teknologi yang ada.