Info Tentang Pendidikan pada Masa Pandemi

Tersebarnya virus Corona di berbagai belahan dunia memberikan dampak bagi semua aspek kehidupan, salah satunya adalah pendidikan. Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa pendidikan di Indonesia dilakukan di sekolah-sekolah atau lembaga pendidikan yang telah ditunjuk oleh pemerintah. Akibat pandemi virus Corona, pendidikan tidak dapat dilakukan secara normal di sekolah atau lembaga pendidikan. Para siswa dilarang untuk pergi ke sekolah karena khawatir terjangkit virus Corona.

Guna mendapatkan kabar terbaru seputar pelajaran, para orang tua berperan aktif dalam memberikan pendampingan bagi anak mereka. Orang tua berperan sebagai seorang guru dan memberikan bimbingan pelajaran yang materinya telah diberikan oleh guru secara online. Pada masa pandemi saat ini, para orang tua sebaiknya mengetahui info tentang pendidikan dengan baik. Dengan begitu, anak-anak tetap mendapatkan pendidikannya di rumah tanpa bertatap muka dengan para pengajar di sekolah. Hanya dengan akses situs http://5.189.149.246/ dari internet saja, keseluruhan tentang tugas dan pelajaran bisa sangat mudah di dapatkan oleh setiap siswa.

Info Tentang Pendidikan yang Perlu Diketahui oleh Para Orang Tua

info tentang  pendidikan

Pendidikan pada masa pandemi tentunya berbeda dengan kondisi biasanya. Akibat keberadaan virus yang mampu memporak-porandakan dunia pendidikan, pemerintah mengeluarkan kebijakan-kebijakan tertentu yang tentunya berimbas bagi pendidikan anak sekolah. Kebijakan tersebut masuk ke dalam jajaran info tentang pendidikan yang wajib diketahui oleh para orang tua. Kebijakan yang dibuat oleh pemerintah dibagi menjadi empat kuadran. Untuk mengetahui keempat kuadran tersebut, simak penjelasannya di bawah ini:

  1. Kuadran 1
  2. Orang tua bertindak dan berperan sebagai seorang guru
  3. Orang tua melakukan interaksi dengan guru guna mengetahui tugas-tugas apa yang perlu dilakukan oleh anaknya
  4. Orang tua membentuk pendidikan karakter, perilaku dan pola pikir anak
  5. Terjadinya komunikasi intensif antara orang tua dengan anak
  6. Kuadran 2
  7. Anak melakukan pembelajaran secara mandiri
  8. Anak bertugas untuk menyelesaikan tugas meskipun hanya mendapatkan pendampingan guru yang minim
  9. Anak secara mandiri terbiasa mengelola waktu
  10. Kuadran 3
  11. Guru mengkonformasi kemajuan pendidikan siswanya melalui media sosial
  12. Guru akan beradaptasi dengan teknologi selama pembelajaran
  13. Guru berperan aktif dalam mencari sumber belajar
  14. Kuadran 4
  15. Konten edukasi yang berkualitas terbuka dengan bebas
  16. Terbukanya platform teknologi
  17. Masyarakat industri memberikan keleluasaan tanpa dikenakan biaya

Perubahan Pendidikan di Masa Pandemi

info tentang pendidikan

Karena masa pandemi saat ini, perubahan pendidikan merupakan hal yang wajar. Pada masa pandemi, pendidikan tidak dapat disesuaikan dengan kurikulum pembelajaran. Masa pandemi membuat anak-anak tidak dapat memperoleh pendidikan sebagai mana mestinya. Karena itulah, pemerintah meminta kepada pengajar untuk tidak fokus pada kurikulum melainkan membekali siswa didiknya akan nilai karakter. Tidak hanya persoalan akan kurikulum, ada beberapa kebijakan baru yang muncul akibat virus Corona, seperti:

  1. Pembatalan UN

Dari info tentang pendidikan pada masa pandemi, tersiar kabar bahwa UN 2020 dibatalkan. Syarat kelulusan siswa dapat dilihat dari nilai ujian sekolah. Ujian sekolah siswa juga dilakukan secara online. Apabila pihak sekolah belum dapat melakukan ujian online, kelulusan siswa dapat dilihat dari nilai rapor.

  1. Sekolah online gratis

Agar peserta didik mendapatkan proses belajar yang berkualitas, kementerian pendidikan bekerja sama dengan pihak-pihak tertentu agar dapat melakukan pembelajaran secara online. Pemerintah merangkul beberapa platform pendidikan agar dapat memudahkan anak sekolah mendapatkan ilmu dan pengetahuan tertentu.

  1. Fleksibilita BOS dan BOP

Tidak hanya memberikan pendidikan online secara gratis, menteri pendidikan juga mengeluarkan kebijakan baru yang berkaitan dengan BOS dan BOP. Menurut kebijakan tersebut, pihak sekolah dapat memanfaatkan BOS reguler untuk kepentingan pembiayaan jasa dan daya. Penggunaan BOS tak dibatasi oleh persentasenya.

  1. Keberadaan program sukarelawan medis

Perubahan dunia pendidikan yang dilakukan oleh Kemendikbut lainnya adalah relokasi SDM guna memerangi virus Corona. Para relawan nantinya akan dibekali dengan progam preventif melalui edukasi dan komunikasi yang berkaitan dengan virus Corona.

Berkaitan dengan pendidikan di masa pandemi virus Corona, baik orang tua dan anak-anak harus memiliki peran yang aktif. Agar pembelajaran dapat tercapai dengan baik, melakukan peninjauan akan target pembelajaran menjadi langkah strategis yang dapat dilakukan. Target pembelajaran harus disesuaikan dengan kondisi baru atau new normal saat ini.

Tujuan baru dalam mendapatkan pendidikan dapat pula dilakukan dengan mengidentifikasi sumber daya. Dengan mengetahui sumber daya, tujuan pendidikan yang ditetapkan dapat dicapai dengan baik. Para guru dan siswa harus mempetakan situasi dan kondisi. Dengan cara ini, kedua belah pihak dapat mempersiapkan diri melakukan model pembelajaran baru yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, peserta didik akan melakukan pembelajaran online selama pandemi Corona.

Selama masa pandemi, peserta didik harus mengkaji kebutuhan dan ketersediaan cara untuk menyusun langkah yang strategis dalam mendapatkan pendidikan. Eksekusi langkah ini secara inovatif dalam menjalin kemitraan dengan pihak luar yang peduli akan pendidikan.